Jumat, 06 Januari 2012

ARTI KATA GANBATTE

GANBATTE, kata ini merupakan kata yang sering diucapkan oleh guru sekolah Jepang saat akihr pelajaran. Kata GANBATTE adalah SEMANGAT, orang Indonesia sering mengucapkan CAYO!!! Ganbatte yang dalam bahasa Inggrisnya adalah Never Give up mempunyai makna yang sangat dalam. Semangat merupakan gambaran manusia masih memiliki harapan hidup, harapan untuk berjuang. Semangat dalam kesehariannya, guru guru sekolah di Jepang mengucapkannya untuk menyemangati murid-muridnya untuk tetap belajar dan pantang menyerah.

Kata Ganbatte sering saya gunakan sekarang, karena saya begitu yakin hanya dengan semangat, apapun bisa dilakukan. Doa Usaha Ikhlas Tawakkal kata-kata ini lah yang sering menjadi penyemangat dalam hidup saya. Perppaduan antara ruhaniah dan kerja keras itulah sebenarnya GANBATTE yang membuat orang Jepang bisa maju seperti sekarang.
Mendengarkan motivasi dari mahasiswa S-3 di Tokyo University di Maskam UNDIP pada bulan Ramadhan kemarin, dengan kerendahan hati dan semangat uang luar biasa untuk dapat berbagi ilmu kepada teman-teman mahasiswa yang lain, beliau menggambarkan dengan cara yang enak dan menggugah. Pemaparan tentang bagaiman mendapatkan beasiswaa ke Jepang dana bagaiman mengenalai budaya Jepang, semuanya tampak mudah tapi sebenranya banayk medan dan hambatan yang harus di jebol ketika ada mimpi untuk melanjutkan pendidikan ke Jepang. Tapi kata beliau jangan khawatir, upayakan apa yang kau cita-cita kan dan pasti Allah akan menyertai mimpi-mimpi mu. Ganbatte hanya inilah kata-kata jepang yang masih terngiang di kepala saya, hanay kata semangat inilah yang mampu membuat ketika down harus bangkit dan ketika merasa diri puas, kita harus menengok keatas bahwa masih ada yang lebih baiak dari kita. Semuanya akan berjalan pada roda yang telah digariskan dan dengan upaya untuk meraihnya karena RENCANA ALLAH ADALAH HAL TERINDAH UNTUK KITA

15 komentar: